Jadilah Seorang Pemimpin

Sejak kecil saya (penulis) di didik oleh orang tua ku dengan penuh tanggung jawab. Secara tidak langsung orang tua ku mengajarkan dan mencontohkan perilaku yang sangat luar biasa baiknya dengan tujuan agar anaknya kelak menjadi seorang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Dari sinilah pembiasaan watak kepemimpinan ditanamkan.

Orang tuaku berpesan "Nak ketika besar nanti kami  berharap kamu bisa menjadi seorang yang sukses, dan bila kamu bisa menduduki kursi kepemimpinan kamu bisa menjadi seorang yang bijaksana dan adil. Janganlah kamu mementingkan dan memikirkan kepentinganmu sendiri. Bisakah kamu menjadi Umar Bin Khattab yang nomor dua". Namun bagi seorang anak kecil yang baru berusia 8 atau 9 tahun itu belum bisa di mengerti secara sempurna, tapi kata-katan dan pesan orang tua ku selalu kusimpan di dalam hati dan baru bisa ku mengerti  sejalan dengan perkembangan usia ku.

Sebagai mana kita menjadi seorang pemimpin kita arus berani tegas dan bertanggung jawab penuh terhadap apa yang kita pimpin. Saya pernah mendengarkan khutbah Jum'at yang berpesan yang sebagaimana penjelasan bebijaksanaanya seorang pemimpin yang berisi "bila saya menjadi pemimpin rakyat ku harus lebih baik dari saya: yaitu bila saya kaya maka yang kaya lebih dulu adalah rakyatku, bila saya sukses maka yang sukses lebih dulu adalah rakyatku tapi bila rakyatku menderita maka yang lebih dulu menderita adalah saya dan bila rakyatku mati dalam perang dan penderitaan maka yang mati lebih dulu adalah saya".

Dari penjelasan di atas maka  dapat kita simpulkan bahwa tugas seorang pemimpin itu sangat berat apalagi disaat kita meninggal dan akan diminta pertanggung jawaban di akhirat nanti, tanggung jawab adalah kunci seorang pemimpin yang sukses. Maka di pundak kita bersama terdapat kontribusi dan beban bagi kaum muda seperti kita saat ini, kita semua menyimpan suatu rahasia yang besar di masa depan nanti.

Pepatah mengatakan " bila pemuda berilmu maka negara akan maju, bila pemuda berakhlak maka negara akan jaya, dan bila pemuda beriman maka negara akan aman". Maka penulis menitip pesa kepada semua yang membaca tulisan ini: jadilah seorang pemimpin yang besar itu adalah tanggung jawab kita.



by: Ega Putra.

0 Response to "Jadilah Seorang Pemimpin"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme