Budaya Membaca di Indonesia

Budaya membaca rakyat Indonesia memang cukup memprihatinkan, padahal salah satu kunci kemajuan sebuah bangsa terletak pada tumbuh suburnya budaya membaca dikalangan asyarakat. Pada negara-negara maju budaya membaca telah mengokoh dan mendarah daging. Coba kita lihat di tempat-tempat umum banyak kita jumpai orang membaca. Sementara di Indonesia fenomena ini jarang sekali kita temui, nampaknya budaya membaca masih terlalu elitis dan idealis.

Persoalan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia memang telah menjadi perbincangan dan keprihatinan. Dengan kondisi semacam ini terlalu berat bagi bangsa Indonesia untuk bisa berkompetisi dengan bangsa lain. Kompetisi global membutuhkan kualitas SDM yang kompetitif.

Berkaitan dengan kondisi yang semacam ini, berbagai usaha telah dilakukan pemerintah demi menumbuhkan minat baca masyarakat. Mulai dari menyediakan anggaran pendanaan buku murah, hingga seminar, namun fakta menunjukkan bahwa sampai saat ini belum banyak perubahan yang signifikan dalam hal minat baca.

Masih sangat jauh dari harapan, rasanya masih terlalu jauh untuk mengkomparasikanminat baca masyarakat Indonesia dengan masyarakat negara lain. Berkaitan dengan usaha meningkatkan minat baca, maka akar solusinya bisa dilacak dari komunitas yang paling dasar, yakni keluarga. Oleh karena itu, keluarga menjadi dasar pendidikan yang bisa mencontohkan budaya membaca. Selain dari keluarga lingkungan juga berpengaruh besar dalam hal ini.

Pada kedua lingkungan ini seharusnya ditanamkan kesadaran dan minat membaca. Disini anak-anak dibangun spiritnya mengenai arti dan makna penting membaca dalam kehidupan. Membaca bukan sebuah kegiatan yang sia-sia tanpa arti, tetapi membaca merupakan salah satu kunci untuk membuka jendela pengetahuan. Dengan membaca orang akan mampu mewujudkan segenap idealitas hidupnya. Mungkin pendidika formal seseorang tidak terlalu tinggi tapi bisa jadi dia akan memiliki wawasan pengetahuan dan kemampuan yang melebihi mereka yang menempuh pendidikan formal yang tinggi sekalipun. Hal ini sangat mungkin terjadi bila seseorang memiliki tradisi membaca yang kuat.

Dalam negara kita membaca memang sangat minim, tetapi saat ini pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin demi menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia. Sadarkah kita dengan kondisi yang semacam ini yang hanya bisa membodohkan bangsa, mulai saat ini kita tumbuhkan budaya membaca yang dimulai dari diri kita sendiri dan keluarga dekat kita demi kebutuhan diri kita akan pengetahuan.


By: Ega Putra

0 Response to "Budaya Membaca di Indonesia"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme