Menghargai Orang Lain

Di masa sekarang ini banyak orang belum mengetahui tentang makna menghargai orang lain, apa lagi dikalangan para generasi muda saat ini. Bukannya para generasi muda adalah tulang punggung negara ini. Mulai dari sekarang kita sebagai generasi muda harus bisa menghargai orang lain.

Maka dari sinilah timbul pertanyaan; (mengapa kita harus menghargai orang lain?). ini merupakan suatu pertanyaan yang jawabannya bisa timbul dari diri kita sendiri. Tapi secara kontekstual menghargai orang lain merupakan suatu sikap atau tindakan dimana orang tersebut menghormati dan mempunyai sikap rendah hati terhadap orang lain. Tapi juga bisa diartikan sebagai suatu tindakan dimana orang tersebut bisa menerima perbedaan pendapat dengan lapang dada.

Dari sinilah suatu proses untuk menuju untuk menghargai orang lain sangat berat tetetapi harus berusaha untuk bisa kita merendahkan diri dan menghormati setiap orang. Fenomena saat ini banyak para pemuda yang kita lihat menunjukkan suatu sikap yang tidak terpuji terhadap semua orang yang lebih tua, contohnya berbicara dengan seenaknya saja, dan bukan cuma itu saja tapi masih banyak contoh yang lainnya. Bukankah banyak diajarkan di sekolah-sekolah bahwa belajar menghargai orang lain ini sangat penting, dan dari menghargai orang lain kita bisa dihargai juga oleh orang lain.

Agama Islam sangat menjunjung tinggi sikap menghargai orang lain, mulai dari menghargai orang yang lebih muda, sebaya, dan menghargai orang yang lebih tua. Untuk itu kita sebagai pemuda yang berpendidikan seharusnya kita bisa berfikir dan bisa merenungkan makna dari menghargai orang lain dan bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Apa lagi negara kita Indonesia sangat terkenal dengan kebudayaan sopan-santunnya.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa menghargai orang lain merupakan suatu sikap yang tercermin dalam diri kita utuk menghormati dan menerima perbedaan pendapat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari serta harus diimplementasikan guna orang lain juga dapat menghargai diri kita.


By: Ega Putra

1 Response to "Menghargai Orang Lain"

  1. muchsin says:

    Anda benar kita sebagai manusia memang harus saling menghargai,tapi kadang saya masih saja menjumpai seseorang yang hanya ingin dihargai tp tidak mau menghargai orang lain,

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme