Solusi Anak Bangsa Untuk Negara Indonesia Tercinta

Di saat ini kita lihat bahwa Indonesia masih sulit untuk berkembang di dunia internasional. Sangat memprihatinkan sekali bahwasannya negara Indonesia ini memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) bisa di katakan di bawah rata-rata atau di bawah negara lain. Coba kita lihat negara Jepang, dulu memang di segani di Asia bahkan Dunia mengakui Jepang sangat hebat setelah perang dunia I tetapi Jepang mulai hancur setelah perang dunia ke-II. Kekalahan jepang sangat tragis yang mana kota-kota yang sangat sentral bagi negara tersebut di bom atom oleh sekutu. Akibatnya kota Hiroshima dan Nagasaki luluh lantak akibat bom atom tersebut. Bukan hanya kotanya yang musnah akan tetapi rakyatnya mati semua. Di saat itu negara Jepang mengakui kekalahannya kepada dunia intrnasional. Ekonomi pun hancur yang mana masa lalu negara jepang jaya di dunia tapi sejak paska kekalahan Jepang sangat miskin dan bisa di bilang negara tersebut hancur. Di saat hancur negara Jepang terus berbenah hingga saat ini kita lihat sendiri Jepang menjadi negara yang sangat maju iptek dan peradabannya.
Apakah negara kita tidak bisa meniru negara Jepang? Jawabannya tentu bisa bahkan bisa melebihi negara Jepang atau negara-negara maju yang lainnya. Di Indonesia memiliki potensi yang sangat-sangat besar untuk bisa menjadi negara maju bila sumberdaya alam dan sumberdaya manusia di proporsikan untuk menunjang kemajuan bangsa ini. Di sini penulis mencoba berargumentasi untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta, bahwasannya ada enam hal yang sangat penting dan mendominasi dari faktor kemajuan bangsa dan negara ini, yaitu:
1. Pendidikan
Karena pendidikan merupakan kebutuhan anak bangsa yang sangat penting. Bila mana pendidikan di biarkan begitu saja maka tidak akan maju peradaban bangsa kita, oleh sebab itu dari pendidikan inilah SDM negara kita bisa bersaing di kancah dunia internasional. Pendidikan juga harus menyesuaikan dengan kepribadian dan karakter bangsa Indonesia serta penanaman moralitas bangsa dan spiritual. Melalui pendidikan inilah kita bisa membangun negara yang maju.
Pendidikan yang berkualitas tentunya tidak terlepas dari peranan pemerintah dan dukungan dari masyarakat luas. Tidak terlepas dari itu seharusnya pemerintah juga harus memberikan anggaran dana yang lebih di sektor pendidikan ini, karena yang telah di sebutkan tadi pendidikanlah yang paling dominan untuk membangun negara yang berperadaban maju, baik negara, moral dan akhlak bangsa.
2. Kesehatan
Kesehatan merupakan hal yang tak kalah pentingnya dengan pendidikan, karena bila suatu negara memiliki tingkat kesehatan yang begitu kecil maka negara tersebut bisa dikatakan negara tersebut belum maju, dan sebaliknya bila negara memiliki tingkat kesehatan yang tinggi maka negara tersebut dikatakan negara maju. Negara Indonesia saat ini masih berusaha mengucurkan dana untuk kesehatan demi masyarakatnya dapat menikmati kesehatan yang sesungguhnya. Akan tetapi dana bagi kesehatan rakyat ini masih belum di rasakan sepenuhnya oleh masyarakat kita, apa lagi fasilitas pada rumah sakit yang berada dalam naungan negara kurang memadai, akibatnya banyak banyak rumah sakit di daerah-daerah terpencil tidak terjangkau bantuan dari pemerintah.
Masih banyak lagi problematika yang di hadapi negara ini terkait dengan kesehatan masyarakat. Mahalya biaya juga menjadi tanggungan masyarakat itu sendiri demi memperoleh kesehatan yang layak. Oleh karena itu negara harus memberikan suatu perhatian yang lebih untuk sektor kesehatan ini serta memberikan bantuan dana serta tenaga medis yang mumpuni.
3. Penelitian
Penelitian juga kurang di perhatikan oleh pemerintah apa lagi banyak yang mengatakan penelitian di Indonesia masih terkendala oleh dana. Banyak anak bangsa yang menjadi peneliti harus lari ke negara lain guna mengembangkan penelitiannya. Yang lebih tragisnya lagi adalah hasil penelitian anak bangsa harus di patenkan oleh negara tetangga kita yang mendanai proyek penelitian tersebut. Oleh sebab itu pemerintah harus turuntangan guna mengembangkan penelitian di negara kita di berbagai sektor, baik pertanian, pendidikan, perindustrian, kesehatan dan lain-lain.
4. Pertanian, peternakan, dan perikanan
Ketiga sektor ini sangat penting guna memenuhi kebutuhan pangan bangsa negara kita. Di negara kita banyak para masyarakat mengeluhkan mahalnya bahan makanan, serta murahnya hasil pertanian yang harus di jual demi meneruskan dan memutar kebutuhan hidup para petani kita. Ini sangat tidak wajar bila di lihat dari kacamata ekonomi yang sangat memberatkan lagi bagi para petani kita di kala harga pupuk dan obat-obatan pertanian melegit naik di tambah lagi biaya-biaya yang lain untuk pertanian tersebut.
Sektor peternakan dan perikanan juga sangat berperan penting demi meningkatkan sumber protein bangsa kita. Daging, ikan dan susu merupakan makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak bangsa. Tetapi masih terkendala biaya hidup yang tidak bisa di jangkau oleh rakat kita yang begitu mahal. Oleh sebab itu pemerintah juga harus memperhatikan sektor ini.
5. Perindustrian
Di Indonesia masih sedikit sekali barang hasil olahan industri yang mampu bersaing di luar negeri. Industri ini sagat penting karena pemasukan devisa paling besar di negara kita dari industri. Kita lihat negara seperti Jepang yang mendominasi industri otomotif maupun elektronik. Bukan hanya itu bangsa kita juga sangat konsumtif terhadap barang olahan industri luar negeri. Memang ada barang olahan industri dalam negeri sendiri, tapi masih sangat sedikit. Mungkin kita sering mendengar banyak selogan “cintailah produk dalam negeri ” itulah yang saat ini menjadi selogan yang populer, tetapi disaat kepopuleran selogan itu produk yang di hasilkan oleh dalam negeri sendiri kurang memuaskan. Yang mana barang olahan industri dalam negeri paling mudah rusak dan tidak bertahan lama. Bagaimana bangsa mau percaya pada produk dalam negeri sendiri yang mempunyai kualitas seperti itu.
Oleh sebab itu pemerintah di harapkan bisa membangkitkan industri dalam negeri demi kemaslahatan bersama.
6. Menanamkan kejujuran dan keterbukaan dari aparatur negara serta masyarakat.
Hal ini sangat penting karena kejujuran merupakan kunci sebuah keberhasilan, di mana yang saat ini lagi gencar-gencarnya praktek KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) di negara kita. Hal ini sangat memprihatinkan dan sangat merugikan negara dan rakyat Indonesia sendiri. Bila perlu pemerintah diharapkan mempertegas hukuman bagi pelaku korupsi, kalau bisa di berikan hukuman mati sekalian.
Keterbukaan pemerintah terhadap rakyatnya juga sangat penting mengingat agar masyarakat mengetahui kinerja para wakil rakyat yang duduk di pemerintahan pusat. Apa lagi negara kita adalah negara demokrasi yang mana dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
Maka diharapkan negara kita bisa maju dengan solusi anak bangsa yang memiliki aspirasi yang telah tertulis di atas. Oleh sebab itu kita sebagai generasi muda seharusnya juga bisa mendukung program pemerintah.
Kerjakanlah yang bisa kita lakukan mulai dari diri sendiri agar nantinya tulang punggung negara kita tidak lemah. Masih banyak rakyat Indonesia yang berada dalam kondisi kemiskinan yang belum ada ujungnya sehingga pemerintah harus bersusah payah agar negara kita bisa menjadi negara yang maju. Hanya dengan usaha sekuat tenaga dan do’a lah yang bisa membebaskan negara kita dari keterpurukan yang panjang serta peran pemuda yang bermoral dan berakhlak yang bisa memperbaiki kondisi negara kita saat ini.

0 Response to "Solusi Anak Bangsa Untuk Negara Indonesia Tercinta"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme